TOP LEVEL DOMAIN DI INDONESIA


Top Level Domain Indonesia
erpurpone.id - Dalam dunia internet pasti sering membaca atau mendengar dari kawan tentang Top Level Domain. (TLD) merujuk kepada huruf-huruf terakhir setelah tanda titik pada domain name, saya lebih memilih untuk menggunakan istilah Ekstensi Domain, Contoh ekstensi domain yang sangat familiar di kalangan pengguna internet di Indonesia adalah TLD .com

Lalu apa itu Domain? domain  adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Untuk memudahkan mengakses suatu website kita hanya perlu menghapal nama domain atau mengetikan nama domain yang ingin kita kunjungi di mesin pencari seperti Google. 

Saat ini di Indonesia banyak penyedia layanan Domain, penyedia layanan Domain semakin berkembang dengan menyediakan berbagai jenis ekstensi domain,  tapi tahukah anda pengertian dari ekstensi domain (Top Level Domain) yang ada di Indonesia? 

Bukan bermaksud memberi tahu itik cara berenang karena saya yakin para kisanak sudah pasti mengetahui pengertian dari ekstensi TLD yang ada di Insonesia :). mengetahui pengertian dari TLD nantinya akan mempermudah kita dalam menyesuaikan TLD yang sesuai dengan konten yang akan di muat di website.

Kesalahan penggunaan TLD sepengetahuan saya mungkin tidak akan berpengaruh kepada tidak bisa diaksesnya sebuah website, akan tetapi alangkah enaknya jika TLD yang digunakan sesuai dengan konten website yang dimuat. Sebuah contoh Blog saya erpurpone.id berbahasa Indonesia dibanding saya menggunakan domain .com saya lebih memilih domain .id agar pengunjung blog saya tahu kalo blog saya berasal dari indonesia

Langsung saja berikut Pengertian TLD yang terdapat di Indonesia :

.go.id : untuk organisasi kepemerintahan di Indonesia
.mil.id : penggunaan secara khusus oleh militer Indonesia
.co.id : bagi perusahaan atau lembaga komersial Indonesia
.or.id : untuk organisasi nirlaba Indonesia
.web.id : didesignasi untuk badan informal maupun pribadi warga indonesia
.my.id : untuk badan informal maupun pribadi warga indonesia
.net.id : untuk organisasi / ranah umum untuk situs Internet Indonesia
.war.net.id : diperuntukkan warnet (warung Internet)
.sch.id : ranah khusus untuk lembaga sekolah di Indonesia
.ac.id : diperuntukkan bagi lembaga akademik (universitas, Akademi, Sekolah Tinggi) di Indonesia
desa.id : untuk situs website Desa di Indonesia
.id : Menandakan website tersebut berasal dari Indonesia

Tentu saja TLD .com juga berlaku di Indonesia, Demikian sedikit informasi yang saya muat di postingan ini semoga bermanfaat, Kritik dan saran bisa anda kirimkan melalui form Kontak atau melalui kolom komentar di bawah postingan ini, Terimakasih :)





Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TOP LEVEL DOMAIN DI INDONESIA "

Posting Komentar