TUTORIAL INSTALASI VIRTUAL BOX

erpurpone.id - Setelah memahami pengertian metode instalasi virtual pada artikel ini akan membahas software pendukung utama untuk melakukan instalasi sistem operasi virtual. Software yang akan kita gunakan adalah Oracle Virtual Box. Apakah Itu Oracle Virtual box?

Oracle VM VirtualBox (sebelumnya Sun VirtualBox, Sun xVM VirtualBox dan Innotek VirtualBox) adalah software open-source untuk komputer x86 saat ini sedang dikembangkan oleh Oracle Corporation. Awalnya dikembangkan oleh Innotek GmbH, diakuisisi oleh Sun Microsystems pada tahun 2008 kemudian diakuisisi oleh Oracle pada tahun 2010.

VirtualBox dapat diinstal pada sejumlah sistem operasi host, termasuk: Linux, MacOS, Windows, Solaris, dan OpenSolaris. Ada juga port untuk FreeBSD dan Genode.  Mendukung penciptaan dan manajemen mesin virtual tamu menjalankan versi dan derivasi dari Windows, Linux, BSD dan lain-lain,  dan menurut beberapa review memiliki akses terbatas pada sistem operasi Mac OS dari Apple.

Apakah anda sudah mempunyai software Virtualbox? Jika belum anda bisa mengundu Software apalikasi Virtualbox bisa di website resmi https://www.virtualbox.org/wiki/Downloads 

gambar 1
Halaman download pada website resmi, anda akan diberikan beberapa pilihan versi VirtualBox dan jenis sistem operasi yang di dukung.  Virtualbox yang digunakan pada modul ini untuk sistem operasi windows 32bit dan 64bit. Jika anda sudah mendapatkan software VirtualBox mari simak bersama langkah instalasi virtualbox, double klik file exe virtualbox yang telah diunduh sebelumnya.

gambar 2
Jendela instalasi virtualbox akan muncul setelah anda menjalankan file instaler virtualbox, tahap selanjutnya klik next untuk melanjutkan proses instalasi VirtualBox.

gambar 3
Tahap selanjutnya, jendela ini memberikan opsi pilihan kepada anda untuk menentukan fitur pada virtualbox apa saja yang akan terinstall serta lokasi direktori/folder  tempat virtualbox terinstall, klik next jika anda ingin menginstall secara standar dan tidak ingin merubah letak direktori instalasi

gambar 4
Jendela peringatan akan muncul, selama proses instalasi perangkat jaringan anda akan ter-reset dan terputus dari jaringan sementara proses instalasi berlangsung

gambar 5
Pada tahap ini yang kita lakukan hanya menunggu sampai proses instalasi selesai.


Proses instalasi sofware VirtualBox selesai, klik finish untuk keluar dari jendela instalasi, jika anda memberikan tanda centang pada Start Oracle Virtual Box Afer Instalation maka jendela Virtualbox otomatis akan terbuka setelah anda mengklik finish.

Semoga Tutorial Instalasi Software Virtual Box dapat bermafaat, kritik dan saran silahkan kirimkan melalui email. Terimakasih

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TUTORIAL INSTALASI VIRTUAL BOX"

Posting Komentar